Rapat
Untuk mendapatkan kesepakatan sesuai dengan tujuan diadakannya sebuah rapat, maka diharapkan semua peserta yang menghadiri rapat memiliki komitmen yang tinggi terhadap rapat yang diadakan.Berikut adalah beberapa etika yang harus kita miliki saat mengkuti rapat.
Etika Rapat
1. Konfirmasi KehadiranPada dasarnya semua undangan rapat wajib kita hadiri, namun bila terpaksa kita tidak bisa menghadiri rapat, berikan informasi tentang absennnya kita dalam rapat tersebut disertai dengagn alasan yang masuk akal
Dan jika rapat tersebut sangat membutuhkan kehadiran kita, utuslah orang kepercayaan untuk menggantikan kita dalam rapat tersebut.
2. Aturan Tidak Tertulis
Aturan – aturan tidak tertulis dalam sebuah rapat, sebaiknya kita pahami tanpa perlu diingatkan lagi, seperti aturan :
- memakai pakaian yang rapi dan sopan
- mematikan ponsel
- bila sangat terpaksa harus menjawab telepon, keluarlah dari ruangan rapat setelah mendapat izin dari pimpinan rapat
Adakalanya kita menghadiri untuk mewakili pimpinan, jika kita berperan sebagai perwakilan pimpinan, kita harus memegang teguh wewenang dan batasan peran yang diberikan pimpinan kepada kita.
4. Sopan Dalam Berpendapat
- Berikanlah pendapat atau usulan saat pimpinan rapat selesai berbicara/prensentasi dan setelah dipersilahkan
- Aktif dalam berpendapat, namun tidak memotong pendapat orang lain
- Tidak menjatuhkan pendapat atau usulan yang dipaparkan oleh peserta lainnya
Pastikan kita telah membuat catatan kecil tentang permasalahan yang dibahasa dalam rapat dan hasil rapat secara teliti dan ditulis secara objektif untuk pertimbangan selanjutnya.
Tinggalkan rapat setelah rapat benar – benar berakhir dan telah dipersilahkan oleh pimpinan rapat. (nn)